Wednesday, July 17, 2013

Membuat Baju Rajut Tak Cepat Melar

Jika terlalu sering digunakan, busana berbahan rajut seperti Baju Rajut biasanya cepat menjadi longgar. Akibatnya, Baju Rajut jadi kurang nyaman digunakan dan bentuknya jadi tidak cantik lagi. Sayang bukan, kalau Baju Rajut ini tak dapat dipakai lagi hanya karena bahannya sudah melar. Untuk mencegahnya melar, 
perhatikan cara Anda mencucinya. 

1. Cuci dengan air panas
Tak seperti jenis pakaian lainnya, Baju Rajut berbahan wol atau rajut harus dicuci dengan menggunakan air panas. Pencucian dengan menggunakan air dingin dan digosok dengan dengan kuat akan membuat Baju Rajut jadi mudah melar dan longgar.

Hindari juga mencuci bahan Baju Rajut dengan mesin cuci. Rendam beberapa saat Baju Rajut rajut ini dengan air panas selama beberapa saat, agar kembali ke bentuk semula. 

2. Keringkan dengan pemanas

Proses pemanasan menyebabkan Baju Rajut menyusut kembali ke ukurannya semula. Sebisa mungkin, setelah dicuci dengan air panas, jemur pakaian di bawah sinar matahari langsung agar sisa air yang ada di dalam kain bisa hilang sempurna dan tidak membuatnya melebar. Namun, jangan menggantung Baju Rajut yang masih basah dengan hanger. Baju Rajut yang berat karena masih basah juga akan membuatnya melar. Sangkutkan saja langsung di tali jemuran.

Jika mau, Anda juga bisa menggunakan alat pengering rambut untuk menghilangkan sisa airnya. Setelah setengah kering, gunakan pengering rambut untuk membantu penyusutan bahan setelah pencucian.

3. Gunakan setrika uap

Sekalipun panas bisa membantu penyusutan bahan, namun setrika yang terlalu panas bisa merusak bahan. Gunakan setrika uap untuk menggosok bahan ini agar Baju Rajut tidak rusak.

No comments:

Post a Comment